Apa Itu Hosting?


Jika Anda ingin membangun sebuah website, Anda harus memiliki hosting terlebih dahulu, karena percuma jika memiliki domain tapi tidak memiliki hosting. Hosting merupakan tempat yang digunakan untuk menaruh file pembangun website. Mudahnya, hosting dapat diibaratkan sebagai rumah/tanah sedangkan domain adalah alamat rumahnya. Baik layanan hosting murah ataupun hosting mahal yang dapat diperoleh dari beberapa tempat misalnya dibeli di CloudKilat, dapat Anda gunakan sesuai dengan keperluan Anda.

Alasan utama memerlukan hosting harga murah atau hosting yang mahal adalah kebutuhan akan bandwidth dan space yang diperlukan ketika Anda memiliki website. Semakin banyak tulisan dan file, misalnya video dan film, sehingga semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda, akan semakin banyak bandwidth yang diperlukan sehingga tidak akan terjadi server full load.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih dan membeli hosting untuk website Anda yaitu:

  • Jumlah bandwidth yang ditawarkan oleh hosting tersebut. Sebaiknya dalam pemilihannya, sesuaikan dengan website Anda misalnya jika Anda masih baru dalam dunia blog, Anda dapat menggunakan hosting dengan bandwidth kecil kecuali jika yang Anda miliki adalah toko online, maka bandwidth harus besar.
  • Memperhatikan dan mempertimbangkan layanan serta fitur yang ditawarkan oleh tempat yang menawarkan hosting tersebut.
  • Target pembaca, jika Anda menargetkan pembaca dari luar negeri, Anda sebaiknya menggunakan hosting dengan server luar dibandingkan dengan server lokal.
  • Harga yang sesuai dengan keuangan Anda.

Di Indonesia telah banyak tempat seperti CloudKilat yang menawarkan berbagai jenis hosting baik hosting murah ataupun hosting dengan paket yang dapat Anda dapatkan. Pilih hosting sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Jika Anda memilih target pembaca dari dalam negeri sebaiknya memilih server hosting di Indonesia sehingga akan lebih menghemat bandwidth dan jika targetnya global atau seluruh belahan dunia, sebaiknya gunakan server hosting dari luar negeri misalnya dari Singapura atau dari Amerika Serikat yang merupakan pusat internet sehingga akan lebih cepat dalam loading dan pengiriman data. 

SHARE ON:

Buat Teman-teman pembaca yang merasa informasi yang kami share berguna, silahkan bantu dengan melakukan share ke sosial media teman-teman. Dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ini

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.