Jenis Reciprocating Pump

Jenis Reciprocating Pump
Pompa yang kerap digunakan untuk memompa cairan dalam jumlah yang cukup tinggi biasanya adalah pompa jenis tertentu, misalnya reprocating pump. Pompa ini merupakan pompa dengan sistem kerja bolak balik yang dimanfaatkan untuk memompa cairan yang bertekstur seperti lumpur atau sejenis minyak. Pompa ini merupakan salah satu jenis pompa yang bekerja dengan sistem positive displacement. Selain pompa berjenis reciprocating ini yang termasuk dalam pompa positive displacement adalah pompa torak.
Pompa reciprocating cocok digunakan untuk kondisi tertentu. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang cocok untuk menggunakan pompa berjenis reciprocating:
  1. Ketika cairan yang akan dikerjakan adalah cairan yang kental atau lumpur,
  2. Ketika cairan yang akan dikerjakan memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar,
  3. Proses tertentu yang membutuhkan tekanan head yang cukup tinggi,
  4. Ketika cairan yang akan dikerjakan mudah menguap.
Ada beberapa jenis pompa bertipe reciprocating diantaranya pompa piston, pompa plunger, dan pompa diaphragm. Pompa piston bekerja dengan mengandalkan gerakan maju mundur dari piston. Untuk pompa plunger sendiri hampir sama dengan pompa piston, hanya saja bentuknya sedikit lebih panjang, selain itu juga packingnya lebih mepet pada silindernya. Dan untuk pompa diaphragm silindernya ada dua, sedangkan cara kerja hampir sama dengan pompa piston. Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis reciprocating pump.


SHARE ON:

Buat Teman-teman pembaca yang merasa informasi yang kami share berguna, silahkan bantu dengan melakukan share ke sosial media teman-teman. Dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ini

    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.