Memahami Cara Mengelola Keuangan Keluarga Untuk Masa Depan Sejahtera


Setiap insan di dunia ini pasti menginginkan sebuah kehidupan yang sejahtera, baik sekarang maupun dimasa depan. Banyak hal yang bisa membuat kita menjadi sejahtera salah satunya adalah dengan cara mengelola keuangan keluarga. Mengapa harus mengelola keuangan keluarga, karena sering tanpa kita sadari setiap harinya sangat banyak uang yang kita dapatkan tetapi hanya sedikit yang tersisa kemudian. Mengapa bisa demikian, Jawabannya hanya satu yaitu kurangnya pengetahuan pengelolaan keuangan. 

Uang adalah sebuah alat tukar yang bisa didapat dengan banyak cara yaitu dari bekerja maupun royalti dari karya yang telah kita buat. Jika kita sudah memiliki uang dari kerja mapun royalti, kita berkewajiban untuk menjaga keluarnya uang tersebut. Jangan sampai tanpa tidak kita sadari uang kita lenyap begitu saja. Didalam sebuah keluarga ada banyak sumber pemasukan pendapatan diantaranya dari ayah, ibu maupun anak. 

Pemasukan keluarga bisa dihitung dari total jumlah pemasukan anggota keluarga tersebut. setiap bulan sediakanlah waktu untuk membuat sebuah anggaran belanja sebagai cara mengelola keuangan keluarga  dimana 70% dari pendapatan  digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari itu merupakan cara mengelola keuangan keluarga. 20% digunakan untuk rekreasi dengan anggota keluarga. Dan 10 % digunakan untuktabungan agar bisa digunakan untuk kesiapan masa depan atau futuready. Mengapa perlu dibagi ke dalam sub-sub tersebut, jawabannya adalah karena kita harus mengutamakan pemenuhan kebutuhan keluarga pada saat ini untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga pada saat ini juga, selain itu pemenuhan kebutuhan pokok keluarga diperlukan untuk menjaga agar keluarga tetap bisa menjalankan hidup. 20% untuk rekreasi berguna agar kita bisa melakukan refreshing atau jalan" agar dapat menjaga rasa kekeluargaan dan dapat menikmati apa yang telah kita hasilkan (dalam hal ini uang). 10 % digunakan untuk tabungan demi sebuah futuready agar kita bisa memiliki simpanan demi mewujudkan masa depan yang lebih baik. 

Pengetahuan mengenai cara mengelola keuangan keluarga sangat penting untuk dikuasai, demi menciptakan kesejahtereaan didalam keluarga. Baik di masa kini maupun untuk simpanan dan kesejahteraan kelak dimasa depan.

SHARE ON:

Buat Teman-teman pembaca yang merasa informasi yang kami share berguna, silahkan bantu dengan melakukan share ke sosial media teman-teman. Dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ini

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.