Peran Serta Mahasiswa dalam Kegiatan Pelestarian Alam Internasional


Saat ini, ada banyak sekali forum ataupun kegiatan yang dilakukan dunia internasional dalam rangka berupaya untuk menyelamatkan berbagai sumber daya alam yang ada di bumi ini. Salah satu kegiatan yang cukup mendapatkan perhatian khususnya bagi pemuda adalah East Asian Seas (EAS) Youth Forum yang baru-baru ini diselenggarakan di Vietnam. Sebagai kehormatan, terpilihlah IPB (Institut Pertanian Bogor) dengan perwakilan dari salah satu mahasiswa mengikuti ajang internasional ini sekaligus mewakili Indonesia untuk bisa memberikan sumbang saran atas isu pembangunan pesisir dan lautan khususnya di negara ini.

Ada beberapa negara yang mengikuti kegiatan besar ini, diantaranya adalah Singapura, Korea Selatan, Kamboja, Laos, China, Vietnam dan juga Timor Leste yang masing-masing negara memberikan presentasi sendiri-sendiri terhadap kondisi alamnya. Sebagai salah satu negara yang mempunyai kawasan laut terbesar di Asia, Indonesia tentu saja diberikan kesempatan untuk merepresentasikan yang menjadi perhatiannya, dimana perwakilan Indonesia menjelaskan tentang:

  • Betapa pentingnya laut Indonesia sebagai salah satu perairan yang menjadi poros maritim dunia. Perairan Indonesia juga dikenal menjadi tempat persimpangan yang paling ramai dikunjungi karena posisinya yang strategis,
  • Berbagai kegiatan konservasi alam khususnya pada area pesisir laut, yang sangat rawan terkena pengikisan atau pengurangan daratan sehingga bisa berakibat fatal terhadap kepulauan ini.
Tidak hanya sekedar memberikan penjelasan atau pemaparan terhadap hal-hal diatas, Indonesia yang diwakili oleh salah satu mahasiswa terbaik Institut Pertanian Bogor dalam acara ini juga ikut aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan panitia seperti:

  1. Diskusi antar sesama peserta untuk mengatasi masalah atau isu yang muncul dari setiap negara,
  2. Permainan tim building yang dimaksudkan untuk menjalin kerjasama dan juga komunikasi yang baik antar peserta,
  3. Workshop yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas peserta kegiatan agar bisa mempraktekkannya ketika sampai di negaranya.
Pada akhir kegiatan ini, keseluruhan peserta juga membuat deklarasi yang menyatakan tentang kepeduliannya tentang kondisi alam dan juga pelestariannya sehingga bisa tetap dinikmati oleh anak cucu kita. Indonesia yang diwakili oleh salah satu mahasiswa terbaik kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) juga sempat meraih penghargaan yang bisa menjadi kebanggaan bangsa ini.

SHARE ON:

Buat Teman-teman pembaca yang merasa informasi yang kami share berguna, silahkan bantu dengan melakukan share ke sosial media teman-teman. Dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ini

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.